Mengenai Saya

Foto saya
adalah ibu dari 2 orang anak, yang senang bergabung bersama anak2 muda agar selalu berjiwa muda
2

Berusaha Mempergunakan Barang Selama Mungkin

by Tini Mf Martini Tapran on Wednesday, January 19, 2011 at 9:04am

Kami kaum hawa ditakdirkan untuk punya naluri ingin tampil selalu manis dan cantik, untuk itu kadang kami khususnya para ibu kadang menjadi miss maching, berusaha untuk memadu-madankan pakaian dari mulai kepala hingga ujung kaki. Memang indah dipandang mata, tapi kadang malah jadi berlebihan sampai mengorbankan kenyamanan berpakaian hanya untuk tampil prima.

Jika hal ini dilakukan banyak ibu, tentu satu orang ibu bisa punya 4 pasang sepatu atau sandal, beberapa tas, bebagai warna dan corak kerudung dan perlengkapan untuk berpenampilan menarik lainnya, lalu setelah itu kadang kita sadar atau tidak sadar mulai mencari barang lain yang sebenarnya sudah kita punya tapi dengan warna yang berbeda.

Tidak ada salahnya memang karena Allah SWT pun suka dengan keindahan, tapi ada baiknya jika kita mulai memikirkan satuhal yaitu apakah memang semua itu kita perlukan? Karena kadang2 kita malah jadi bingung jika sudah mulai membereskan barang2 tersebut, ada kalanya ada beberapa baju atau tas yang kita baru pakai 2 atau 3 kali saja, tapi terlupakan.

Mungkin juga tidak hanya pakaian yang begitu, kami kaum hawa juga senang membeli kebutuhan rumah tangga lainnya yang sebenarnya sudah ada di rumah, kami kadang tak tahan dengan toples cantik model baru, bed cover yang motifnya lucu dan yang lainnya.

Ternyata jika hal itu terus dilakukan oleh sebanyak2nya orang berapa jumlah barang yang nantinya akan menjadi “sampah” yang akan membebani bumi kita, berapa dampak produksinya dan berapa bahan baku yang harus disediakan.

Berusaha mempergunakan barang yang kita punya selama mungkin itu pelajaran berharga yang saya dapatkan dari aghnie anakku, mbak Anilawati Ypbb dan Kandi sahabat kota. Saya akan berusaha untuk itu, selama saya masih bisa mempergunakannya dan dengan fungsi yang sama maka insyaa Allah saya tidak akan membeli yang baru, tapi jika saya terpaksa membeli yang baru maka saya tidak akan mudah menjadikannya sebagai sampah,

Beruntungnya saya karena aghnie anakku dan teman2nya mempunyai kegiatan meng-garage sale-kan barang2 bekas tapi masih layak pakai tersebut untuk kegiatan sosialnya. Untuk ibu2 yang lain mungkin bisa memberikannya pada orang2 disekitar yang lebih membutuhkan sebelum kita berpikir untuk membuangnya sebagai sampah.

Ayo sayangi bumi kita dengan berusaha mempergunakan barang yang kita punya selama mungkin.

2 komentar:

  1. heny says:

    Saya juga lagi bongkar2 lemari ni miiihh.. berencana garage sale kan krn masih banyak yg layak pakai tp cuma diem ajja di lemari..

  1. heny says:

    Saya juga lagi bongkar2 lemari ni miiihh.. berencana garage sale kan krn masih banyak yg layak pakai tp cuma diem ajja di lemari..

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.